• Kelembagaan menurut Koentjaraningrat (1997) menunjuk kepada sesuatu yang bersifat mantap (established) yang hidup (constitued) di dalam masyarakat. Suatu kelembagaan adalah suatu pemantapan perilaku (ways) yang hidup pada suatu kelompok orang. Ia merupakan sesuatu yang stabil, mantap, dan berpola; berfungsi untuk tujuan-tujuan tertentu dalam masyarakat; ditemukan dalam sistem sosial tradisional dan modern, atau bisa berbentuk tradisional dan modern; dan berfungsi untuk mengefisienkan kehidupan sosial.
  • Asosiasi merupakan (1) persatuan antara rekan usaha; persekutuan dagang atau (2) perkumpulan orang yg mempunyai kepentingan bersama;
  • Birokrasi berasal dari kata bureaucracy (bahasa inggris bureau + cracy), diartikan sebagai suatu organisasi yang memiliki rantai komando dengan bentuk piramida, dimana lebih banyak orang berada ditingkat bawah dari pada tingkat atas, biasanya ditemui pada instansi yang sifatnya administratif maupun militer. Dapat dikatakan juga birokrasi merupakan sistem pemerintahan yang dijalankan oleh makan pegawai pemerintah karena telah berpegang pada hirarki dan jenjang jabatan. Cara bekerja atau susunan pekerjaan yang serba lamban, serta menurut tata aturan (adat dan sebagainya) yang banyak liku-likunya dan sebagainya.
  • Organisasi merupakan kelompok orang dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan bersama, memiliki struktur dan aturan didalamnya.
  • Perbedaan antara kelembagaan dan organisasi

(1) Kelembagaan cenderung tradisional, sedangkan organisasi cenderung modern (Uphhof, 1986), (2) Kelembagaan dari masyarakat itu sendiri dan organisasi datang dari atas. Menurut Tjondronegoro lembaga semakin mencirikan lapisan bawah dan lemah, dan organisasi mencirikan lapisan tengah dengan orientasi ke atas dan kota. (3) Kelembagaan dan organisasi berada dalam satu kontinuum, dimana organisasi adalah kelembagaan yang belum melembaga (Uphoff, 1986), (4) Organisasi merupakan bagian dari kelembagaan (Binswanger dan Ruttan, 1978). Dalam konteks ini, organisasi merupakan organ dalam suatu kelembagaan. Keberadaan organisasi menjadi elemen teknis penting yang menjamin beroperasinya kelembagaan.

  • Ciri-ciri :

Tiap kelembagaan memiliki tujuan tertentu, dan orang-orang yang terlibat di dalamnya memiliki pola perilaku tertentu serta nilai-nilai dan norma yang sudah disepakati yang sifatnya khas. Tiap kelembagaan dibangun untuk satu fungsi tertentu. Memiliki tradisi tertulis  atau tidak tertulis tertentu. Dan memiliki kekekalan.

  • Manfaat : Mengatur masyarakat dan mengefisienkan kehidupan social.
  • Fungsi :

(a)                Memberi pedoman berprilaku pada individu/masyarakat, (b) menjaga keutuhan, (c)member pegangan kepada masyarakt untuk mengadakan control social dan (d) memenuhi kebutuhan pokok manusia/masyarakat.

  • Tujuan : Untuk mengatur antarhubungan yang diadakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang paling penting

Comments are closed.